Welcome to izzaro blog

Minggu, 07 November 2010

ADMIN SUPPORT JARINGAN WARNET PT Sentosa Net

ADMIN SUPPORT JARINGAN WARNET
PT Sentosa Net

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pada era globalisasi perubahan dan transparansi berkembang dengan cepat. Perkembangan teknologi dan interaksi sosial membawa dampak terhadap kehidupan. Untuk itu setiap individu di tuntut untuk mencari teknik, visi dan misi, dan menyusun siasat sehingga dapat menyesuaikan dengan dengan laju perkembangan teknologi. Tuntutan untuk menyesuaikan dengan perubahan baik karena pengaruh interfensi maupun ekstern akan mengakibatkan seseorang berwawasan luas. Teknologi Informasi memegang peranan terdepan dalam pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM). Dimana perkembangan komputer juga dapat membantu kita dalam mengatasi segala hal yang menurut kita sangat sulit dan komputer dapat mempermudahnya.

1.2 Tujuan
Tujuan didirikannya PT Sentosa Net melalui salah satu unit usahanya Shirkanet berkembang sebagai penyedia jasa layanan internet memberikan jasa koneksi internet dengan harga murah dan kecepatan aksesnya lebih baik merupakan wujud kerja sama kami dengan salah satu penyedia jasa internet terbesar di Indonesia. Sebagai Provider Internet berbasis Wireless Broadband, kami selalu berikan yang terbaik untuk klien kami. PT Sentosa Net memulai usahanya dengan persiapan yang sangat matang dengan interaksi beberapa karyawan professional kami untuk menampung semua permasalahan anda untuk kemudian dilakukan analisa.. Solusi layanan koneksi internet yang cocok untuk Internet Cafe, Perusahaan, Kantor Pemerintahan, Sekolah .

1.3 Ruang Lingkup
Dalam pembuatan proposal ini kami membatasi ruang lingkup permasalahan jaringan LAN (local area network) pada kantor dan warnet game station PT Sentosa Net yang berhubungan dengan skema jaringan, konektivitas antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dan spesifikasi hardware dan software komputer yang digunakan dalam jaringan.

2. Skema Jaringan

Skema jaringan adalah gambar jaringan LAN (Local Area Network) dengan sistem topologi yang dipakai ditambah perangkat pendukung jaringan tersebut. Topologi yang digunakan pada kantor dan warnet game station PT Sentosa Net adalah topologi star, pada topologi star, terdapat sebuah terminal pusat (hub/switch) yang mengatur dan mengendalikan semua kegiatan komunikasi data. Trafik data mengalir dari node ke terminal pusat dan diteruskan ke node (station) tujuan. Jadi bisa dikatakan kelebihan menggunakan topologi star mudahnya manajemen kontrol karena simpul yang terpusat (sentralisasi), begitu pula kelemahan dari topologi ini adalah bila traffic data cukup tinggi dan terjadi collision, semua komunikasi akan ditunda, dan koneksi akan dilanjutkan dengan cara random ketika hub (terminal) mendetekasi tidak ada jalur yang sedang digunakan oleh node lain. Berikut ini adalah bentuk blok jaringan komputer pada kantor dan warnet game station di PT Sentosa Net:


Gambar I
Blok Diagram Jaringan LAN Komputer Kantor dan Warnet Game Station
PT Sentosa Net

Keterangan dari gambar blok diagram jaringan LAN (local area network) pada kantor dan warnet game station di PT Sentosa Net diatas adalah sebagai berikut :
1. Modem Radio berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, modem radio terhubung ke PC router.
2. PC Router pada blok diagram diatas berfungsi sebagai limit bandwidth, default gateway. Menggunakan 2 buah network interface card (NIC). NIC pertama dihubungkan pada modem radio. NIC ke dua di hubungkan ke switch CISSCO catalyst series XL 24 Port, yang membagi bandwidth ke host/client (workstation).
3. Radius Server disini berfungsi sebagai mengatur akses WiFi (Wireless Fidelity)/ hotspot . Pada komputer Radius server terdapat satu network interface card (NIC).
4. RT-RW Net Router berfungsi sebagai mengatur akses jaringan untuk client yang menggunakan atau berlangganan fasilitas rt-rw net. Pada komputer server terdapat satu network interface card (NIC).
5. Web Server berfungsi menerima permintaan HTTP(Hyper Text Terminal Procol) dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Pada Komputer Web Server terdapat 1 network interface card (NIC).
6. Remote Client disini berfungsi untuk meremote komputer router. Pada komputer remote client terdapat 1 network interface card (NIC).
7. Billing server digunakan untuk mengetahui durasi dan biaya yang dikeluarkan oleh user ketika mengakses PC Client. Billing yang digunakan pada warnet dan game station PT. Shirin Indah Kirana (SHIRKANET) adalah Billing Explorer Deskpro 6 (2007) dengan 30 client. Pada billing server juga terdapat satu network interface card (NIC).
8. Pada jaringan diatas terdapat workstation yaitu PC client. Dalam melakukan koneksi ke internet, PC client melewati router yang kemudian akan diteruskan ke Radio. Hal yang sama pun dilakukan apabila client ingin mengakses internet untuk game online.
Tabel I Spesifikasi TCP/IP





3.1 Spesifikasi Perangkat Keras
Dalam suatu jaringan Local Area Network (LAN) mengandung beberapa komponen penting dan merupakan kebutuhan utama dalam jaringan. Komponen tersebut antara lain perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelesaikan tugasnya. Spesifikasi perangkat keras yang terdapat pada kantor dan warnet game station PT Sentosa Net kami akan coba jelaskan dalam beberapa paragraf, sesuai dengan riset dan analisa yang penulis lakukan. Komputer server ini berfungsi sebagai pusat dari jaringan yang bertugas mengawasi jaringan supaya tidak terjadi error, sebagai pusat data dan juga merupakan penghubung antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lain. Adapun komputer server yang dipakai oleh kantor dan warnet game station PT Sentosa Net mempunyai spesifikasi perangkat keras sebagai berikut :


Tabel II Spesifikasi Perangkat keras komputer Radius Server


Tabel III Spesifikasi Perangkat keras komputer WEB Server


Tabel IV Spesifikasi Perangkat keras komputer Biling Server



Tabel V Spesifikasi Perangkat keras PC Remote Client

[URL=http://img176.imageshack.us/i/10667356.jpg/][IMG]http://img176.imageshack.us/img176/5795/10667356.jpg[/IMG][/URL]

Router mampu melewatkan paket IP antar jaringan yang memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router juga di implementasikan untuk menghubungkan sejumlah LAN (local area network) atau traffic dari masing-masing LAN(local area network) yang terisolasi dengan baik. Router dapat mengimplementasikan mekanisme pengaturan prioritas antar protokol dan dapat menentukan jalur optimal antara dua sistem. Router yang digunakan di kantor dan warnet game station PT Sentosa Net berupa perangkat keras komputer, spesifikasinya antara lain :

Tabel VI Spesifikasi Perangkat keras komputer Router


Tabel VI Spesifikasi Perangkat keras PC Client



Didalam suatu jaringan atau network selain dari perangkat keras berupa PC (Personal Computer) terdapat juga perangkat keras lainnya yang sering disebut dengan media komunikasi jaringan. Di kantor dan warnet game station PT Sentosa Net terdapat beberapa media komunikasi jaringan antara lain :
1. Switch
Switch adalah suatu perangkat dalam LAN yang memiliki banyak port yang digunakan untuk menghubungkan node yang satu dengan node yang lainnya sehingga membentuk suatu jaringan. Jaringan yang terdapat pada kantor dan warnet game online PT. Shirin Indah Kirana (SHIRKANET) menggunakan tiga buah Switch Hub, Switch Hub pertama Cissco Catalyst 2900 series XL 24 port menghubungkan antara router dengan server dan dengan switch yang lainnya. Dua buah Switch Hub yang lainnya masing-masing D-Link 16 Port menghubungkan antara client dengan billing server.
2. Kabel dan Konektor
Kabel yang digunakan pada jaringan kantor dan warnet game station PT Sentosa Net adalah Unshielded Twisted Pair (UTP) cat 5e dengan konektor RJ-45. Kabel ini juga dikenal dengan sebutan 10 Base T cocok untuk jaringan kecil, menengah dan besar yang membutuhkan fleksibilitas dan kapasitas untuk berkembang sesuai dengan pertumbuhan pemakai network. Untuk pemasangan kabel dengan konektor pada kantor dan warnet game station PT Sentosa Net menggunakan suatu alat yang disebut Crimping.

3.2 Spesifikasi Perangkat Lunak
Didalam suatu jaringan selain perangkat keras terdapat pula komponen lain yang berperan penting yaitu perangkat lunak. Piranti lunak atau perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak adalah program komputer yang isinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras, melakukan perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak lainnya, dan lain-lain. Berdasarkan analisa yang saya lakukan, perangkat lunak yang digunakan pada masing-masing PC di kantor dan warnet game station PT Sentosa Net dapat saya jelaskan pada beberapa paragraf di bawah ini. Komputer server mempunyai peranan yang sangat penting dalam jaringan. Selain sebagai tempat penyimpanan data, komputer server juga digunakan sebagai penyedia fasilitas bagi komputer client didalam jaringan. Spesifikasi perangkat lunak pada komputer server antara lain :


Tabel IX Spesifikasi Perangkat Lunak Komputer Radius Server



Tabel XIV Spesifikasi Perangkat Lunak PC Client


3.3 Anggaran Biaya
• Biaya Perangkat keras komputer Radius Server = Rp. 5.000.000
• Biaya Perangkat keras komputer WEB Server =Rp. 4.500.000
• Biaya Perangkat keras komputer Biling Server =Rp 4.500.00
• Perangkat keras PC Remote Client = Rp. 3.000.000
• Perangkat keras komputer Router =Rp. 7.000.000
• Perangkat keras PC Client = Rp. 60.000.000 (15 PC)
• Perangkat Lunak Komputer Radius Server = Rp. 4.000.000
• Perangkat Lunak Komputer WEB Server = Rp. 3.500.000
• Perangkat Lunak Komputer Billing Server =Rp. 3.000.000
• Perangkat Lunak Komputer Remote Client = Rp. 3.000.000
• Perangkat Lunak PC Client = Rp. 3.000.000

Total Anggaran Biaya = Rp 103.500.000

3.4 Time Table Pengerjaan Project


Masalah
4.1 Permasalahan Pokok
Kendala atau permasalahan yang ada pada kantor dan warnet game station PT Sentosa Net yaitu :
1. PC Client tidak dapat digunakan karena bermasalah pada system operasi yang rusak akibat terinfeksi virus sehingga tidak dapat startup.
2. Beberapa online game seperti RF- Elven setelah mengalami maintenance server tidak dapat dijalankan pada PC Client dikarenakan pada saat patch client crash dengan aplikasi Deep Freeze.
3. Kelemahan topologi star yang digunakan pada kantor dan warnet game station PT Sentosa Net adalah bila traffic data cukup tinggi dan terjadi collision, semua komunikasi akan ditunda, dan koneksi akan dilanjutkan dengan cara random ketika hub (terminal) mendetekasi tidak ada jalur yang sedang digunakan oleh node lain.
4.2 Pemecahan Masalah
Pemecahan masalah atau solusi dari masalah yang ada pada PT Sentosa Net sebagai misalnya untuk mengatasi kelemahan dari topologi star yang digunakan pada kantor dan warnet game station PT Sentosa Net, dapat diatasi dengan mengganti piranti hub dengan switch kerena switch merupakan konsetrator yang memiliki manajemen trafik data lebih baik di bandingkan hub.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar